Suara Burung Prenjak

Omgacor.com, Suara burung prenjak memang terkenal berisik dan nyraing. Beberapa di antara mereka akan mengoceh keras untuk menandai hadirnya mereka sembari bertengger di ujung ranting, tonggak, kawat listrik, tiang dan lain-lain. Burung prenjak menyukai yang tempat terbuka, seperti kebun, sawah, rawa, semak belukar dan sebagainya.

Burung yang termasuk ke dalam suku Sylviidae tersebut mempunyai panjang tubuh antara 10-15 cm. Umumnya, ia mempunyai ekor yang panjang dan bentuk tubuh yang ramping. Jika dilihat dari segi wananya, kebanyakan berwarna kecoklatan, kekuningan atau hijau zaitun di bagian punggung. Sedangkan di area perutnya berwarna kekuningan atau keputih-putihan.

Julukan di berbagai daerah juga berbeda-beda. Di Pulau Jawa Burung tersebut bernama Prenjak atau Ciblek, Betawi menyebutnya dengan nama Kecici atau Cici dan Sunda mengenalnya sebagai Cinenen.

Baca Juga: Download Suara Burung Kolibri Mp3

Meskipun bertubuh mungil, Ciblek kicauan yang nyaring dan tentunya khas seperti “ciblk…ciblk…ciblk…”, “tirrr.tirrr.tirrr…” dan “prenjek..prenjek…prenjek…”. Biasanya, ia akan mengeluarkan suara apabila melihat atau mendengar ocehan burung lain yang sejenis. Oleh karena itu, ia sering dijadikan sebagai umpan / pikat. Berikut ini link yang bisa anda gunakan untuk mendownload suara kicuauan prenjak:

Download Suara Burung Prenjak Mp3

Nama Suara Burung Link Download
Suara Prenjak Lumut Download
Suara Prenjak Jantan Download
Suara Prenjak Betina Download
Suara Sepasang Prenjak Download
Suara Prenjak Kepala Merah Download
Suara Prenjak Untuk Pikat Download
Suara Prenjak Gunung/ Ciblek Gunung Download
Suara Prenjak Putih Download

Baca Juga: Download Suara Burung Murai Batu Mp3

Jenis Burung Prenjak Bersuara Gacor

Di Indonesia ada 4 jenis burung prenjak yang paling diminati oleh kicau mania, karena memiliki suara yang merdu dan mampu berdurasi panjang saat berkicau. Berikut ini penjelasan singkat tentang 4 jenis burung prenjak yang saat ini sedang trending:

Baca juga:   Suara Burung Tledekan

PRENJAK PUTIH

burung prenjak putih
Sumber: YouTube.com

Pemberian nama burung ini disesuaikan dengan suara serta bagian lainnya didasarkan pada perawakannya yang didominasi oleh warna bulu dari ekor, perut, dada, sampai paruh. Terdapat perpaduan nuansa hitam di area sayap dan kepala. Prenjak putih betina mempunyai kaki yang berwarna pink atau kemerahan, sedangkan kaki si jantan lebih terang.

Ia berhabitat di sawah, rawa, kebun dan sarang yang terletak di padang ilalang atau pagar di samping rumah. Makanan kesukaannya adalah capung, ulat, serangga-serangga kecil dan belalang. Dibandingkan jenis burus lainnya, kicauan burung ini terdengan lebih jernih dank has.

Selain itu, ia juga mempunyai gaya khas tersendiri saat berkicau. Sebagian akan mengangkat ekornya seperti akan menantang lawan. Pada dasarnya, prenjak masih ternasuk dalam burung petarung yang bermental kuat.

PRENJAK GUNUNG (PRINIA ANTROGULARIS)

PRENJAK GUNUNG (PRINIA ANTROGULARIS)
Sumber: Jalaksuren.net

Burung yang dikenal dengan sebutan Ciblek Sumatera ini berasal dari keluarga Cirticolidae. Disebut seperti itu karena sebagian besar penyebarannya di Indoneisa berada di Pulau Andalas. Pada habitat aslinya, ia menyukai wilayah perbukitan dan pegunungan dengan ketinggian 600-2500 mdpl. Ia juga termasuk burung yang hidup berkelompok atau berkoloni.

Perawakan Prenjak Gunung mudah dikenali karena lebih indah. Ia mempunyai panjangan sekitar 15-16 cm, sedikit lebih besar dibandingkan dengan jenis yang lain. Bulunya didominasi warna coklat. Semua sisi tubuhnya bernuansa kekuningan dengan kaki merah muda dan paruh bawah yang lebih cerah daripada bagian atas. Bagian pipi berwarna abu-abu dan alisnya berwarna putih. Prinia Atrogularis memiliki kicauan yang bervariasi dan karakter yang agresif. Tidak heran jika harga dari burung ini dijual dengan harga yang relatif mahal.

PRENJAK KEPALA MERAH

prenjak kepala merah
Sumber: KicauIndah.com

Seperti namanya, cirri khas dari burung ini terletak di ‘mahkotanya’ yang berwarna merah. Ia mempunyai paruh yang lancip dan panjangnya 10cm. Antara ciblek jantan dan betina memiliki pebedaan yang cukup mencolok.

Baca juga:   Suara Burung Cililin

Si jantan memiliki dua ekor dengan ukuran yang panjang dan bentuknya lebih mengembang dan membulat. Bulu di dadanya berwarna kehitaman, sedangkan pada bagian kepalanya lebih menyala dan tegas. Ocehannya pun melengking, keras dan juga lebih bervariasi, sehingga cocok untuk dijadikan masteran burung lain.

Sedangkan betina juga meiliki dua ekor, namun ukurannya lebih pendek. Pada bagian dada bernuansa terang. Saat masih anakan, warna kepalanya tidak terlalu tegas, kicauannya juga monoton atau kurang variatif.
Di samping keindahan fisiknya, Prenja Kepala Merah cukup populer akan keahliannya dalam menjahit dedaunan yang dimanfaatkan untuk membuat sarang.

PRENJAK SAWAH (PRINIA INORNATA)

burung perenjak sawah
Sumber: OmKicau.com

Dengan nama lain Ciblek Sawah, populasi burung ini tidak pernah ada habisnya di lingkungan manusia. Ia suka berlalu-lalang di wilayah pemukiman penduduk, baik itu di area awah, pekarangan rumah, dan jalalan.

Ciri-ciri prenjak sawah ialah mempunyai tubuh proporsional dan ekor yang panjang. Tubuhnya berwarna gelap, dadanya didonimasi nuansa putih. Suara kicauannya “klik…klik…” yang dinyanyikan dalam durasu yang lama.

Popularitas Prinia Inornata lebih kalah dibanding Prenjak Gunung, namun pola perawatannya lebih mudah dan hemat. Jika dilatih secara rutin, burung ini bisa menjadi lebih hebat dar burung tersebut.

Burung ini banyak digemari karena mirip Merpati dan Kutilang. Apabila dirawat sejak anakan, maka ia bisa jinak dan saat dilepas dari sangkar juga Ciblek Sawah ini akan kembali ke rumah.

Demikian informasi tentang suara dan jenis-jenis Prenjak. Semoga suara Burung Prenjak tadi bisa digunakan sebagai hiburan atau memaster burung lain.

Leave a Comment